Tuesday, May 18, 2010

KEUNIKAN PORSELIN KHAS RUSIA
" GZHEL "

KOTA GZHEL, 13 Mei 2010
------------------------------------------------------------

Pagi yang sejuk tepat pukul 08.00 pada tanggal 13 Mei 2010, Ibu-ibu DWP KBRI Moskow sudah siap berkumpul di KBRI untuk mengadakan perjalanan wisata menuju "Gzhel", kota kecil yang terletak kira-kira 50 km disebelah timur selatan Moskow yang terkenal memproduksi Porselin khas Rusia Gzhel yang unik dan menawan. Memiliki ciri khas berwarna biru dan putih, porselin yang di desain khusus dengan kualitas seni lukisan tangan dengan penuh kecermatan dan ketelitian ini merupakan Tradisi Rakyat Rusia, warisan sejak lama dari Pelukis terkenal pendahulu.

Kira-kira 2 jam perjalanan kemudian, rombongan kami sudah tiba di kota Gzhel dan kesempatan yang baik ini digunakan Ibu-ibu DWP KBRI Moskow untuk mengetahui proses produksi atau cara pembuatan Gzhel langsung ke Pabriknya dan juga menikmati keindahan koleksi-koleksi pilihan Gzhel yang menawan di Museumnya.

Berbagai produk pabrik seperti Set perangkat alat makan dan minum, Vas, Icon, Dekorasi meja dan masih banyak lagi dapat langsung dibeli di Toko Gzhel milik Pemerintah Rusia yang dijual dengan harga khusus dan selalu menarik perhatian pengunjung ke Gzhel. Di tempat lain terdapat pula toko-toko Gzhel dengan kualitas yang sama dan cantik namun tersedia dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga di toko Pemerintah Rusia.
Tak mau melewatkan kesempatan yang menarik ini, Ibu-ibu langsung mengunjungi toko Gzhel dengan berbelanja barang-barang Gzhel yang unik dan menawan.

Akhirnya tak terasa hari sudah sore dan kami harus kembali ke Moskow. Dan pengalaman menyenangkan serta bermanfaat ini dalam mengenal langsung keunikan Porselin khas Rusia Gzhel, menjadi kenang-kenangan tersendiri yang indah bagi kami semua...

Foto bersama di depan Museum dan Pabrik Gzhel

"Gzhel" memiliki ciri khas lukisan tangan
dengan kualitas seni yang tinggi dan penuh kecermatan

Proses produksi di Pabrik Gzhel


Berpose sejenak di Museum Gzhel
Bergaya diantara koleksi-koleksi Museum Gzhel
yang menawan
Jamuan ringan minum teh / kopi dan makan roti
telah disiapkan Petugas Gzhel untuk Ibu-ibu DWP KBRI Moskow

usai berkunjung ke Pabrik dan Museum Gzhel


Toko Pemerintah Gzhel
Foto sejenak Ibu Astuti Agus Sriyono yang sedang belanja

Ibu-ibu sangat menikmati
belanja barang-barang di toko Gzhel


Pose bersama lagi usai kunjungan di Museum Gzhel



by : Vivi Manginsela, Marty Garlina

1 comment:

Dony Alfan said...

Waw, saya baru tahu loh kalo ternyata di Rusia ada kerajinan porselen, bagus2 pula. Ibu2 itu pasti pada borong ya, hehe

Salam hangat dari Solo