METROPOLITEN MOSKOW
Dobre den !! sapa Pak Sujai kepada ibu-ibu DWP Moskow di stasiun metro Novokuznetskaya yang letaknya tidak jauh dari KBRI Moskow. Udara dingin dan gerimis tidak mengurungkan niat ibu-ibu untuk “Tour The metro” . Tour ini merupakan bagian dari pelajaran bahasa Rusia DWP KBRI Moskow yang diberikan oleh Pak Sujai (dosen UI yang sedang mengambil program S3 bidang sosial politik linguistik Rusia ).
Kursus bahasa Rusia DWP KBRI Moskow diadakan satu minggu sekali, selain belajar dikelas juga diperkenalkan akan sejarah dan budaya Rusia dengan kunjungan ke beberapa tempat yang berada di Moskow dan sekitarnya. Moskow kota metropolitan sama dengan kota-kota besar lainnya di dunia kemacetan lalu lintas sering terjadi. Metro atau kereta bawah tanah menjadi transportasi yang nyaman. Metro Moskow atau yang lebih dikenal dengan nama “ Metropoliten Moscow” merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Moskow dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Metro pertama kali diluncurkan sebagai sarana transportasi pada tanggal 15 Mei 1935 dan tepat pada pukul 05.48 menit saluran listrik di Metropoliten Moskow diaktifkan. Selang 4 menit kemudian dari depo keluarlah kereta yang pertama. Pada pukul 06.45 menit dibukalah pintu lobby stasiun metro. Peluncuran pertama menempuh jalur sejauh 11,5 km dimulai dari stasiun “Sokolniki” yang menghubungkan 13 stasiun. Metropoliten Moskow memiliki ciri khas tersendiri disetiap metronya, dinding dari marmer, lampu-lampu Kristal, lukisan dikaca, mozaik, ceiling yang tinggi, patung-patung bronze/perunggu, menghiasi masing-masing stasiun. Pembangunannya dilanjutkan pada bulan maret 1938 dengan membuka jalur “Arbat” sampai “Kurskaya”. Pada bulan September 1938 dibuka jalur “Gorkovsko-Zamoskvoretskaya” yang dimulai dari stasiun “Sokol” sampai ke stasiun “Lapangan Sverdlov” . Stasiun ini berganti nama pada tahun 1990 menjadi “Teatralnaya” dimana ”Bolshoi Theater” yang sangat terkenal berada didaerah itu. Pembangunan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya. Dan Sekarang ada 194 stasiun dengan rute sepanjang325 km.
Menuju kereta kita melewati tangga berjalan yang cukup dalam karen ametro berada di kedalaman 35 meter di bawah tanah. Bahkan untuk menuju stasiun “Park Pobedy ” kita melewati tangga berjalan sepanjang 126 meter dikarenakan stasiun ini berada 84 meter dibawah tanah.
Tahun depan tepatnya tanggal 15 mei 2015, Metropolitan Moscow akan merayakan “Jubilee” yang ke 80, sebuah angka yang tidak muda lagi untuk kemajuan tekhnologi. Semoga transportasi yang nyaman ini juga akan terwujud di Indonesia.
Interior dan tata lampu dimetro Mayakovskaya Plosad Revolusi dan Konsomolskaya |
Mozaik di dinding dan lukisan kaca dimetro Novoslobodskaya |
Sebagian dari 76 patung perunggu |
Patung yang menceritakan tentang romantismedan rasa humanisme yang terjadi pada masya-rakat Rusia saat revolusi terjadi |
Ruang tunggu yang sangat nyaman |
Suasana di dalam kereta |
Foto atas : mozaik
yang terdapat di ceiling
metro beloruskaya
dan metro novokuznetskaya
Foto bawah : mozaik yang terdapat di metro
konsomolskya dan metro kievskaya | |
Pak Sujai dan peserta
kursus
Bahasa Rusia
|
Bapak Sujai
Ibu Mira Rosmalia
No comments:
Post a Comment