Friday, December 05, 2014

 

PESONA MAKASSAR 

DI WINTER BAZAAR 2014


Untuk kesekian kalinya International Women's Club (IWC) Moskow menyelenggarakan bazar amal tahunan Winter Bazaar yang diadakan setiap menjelang akhir tahun bertepatan dengan musim dingin. Bertempat di Hotel Radisson Slavyanskaya yang megah, acara ini diikuti oleh sedikitnya 70 perwakilan negara asing yang ada di Moskow. Beberapa perwakilan perusahaan asing turut mensponsori acara yang diselenggarakan pada tanggal 29 November 2014 lalu.

Bagi KBRI Moskow sendiri, berpartisipasi di acara Winter Bazaar ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Selain sebagai ajang promosi kuliner dan suvenir khas Nusantara, acara ini juga menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan kesenian Indonesia yang kaya. Berbagai macam makanan dan jajanan khas Nusantara ikut meramaikan stan makanan Indonesia di sana. Sebut saja Nasi Goreng, Sate Ayam, Mie Goreng, Tempe, Lumpia, Bakwan, Putu Ayu dan Onde-onde tersaji dengan apik diantara makanan khas lainnya. Karena rasanya yang lezat, stan makanan Indonesia tak henti-hentinya diserbu pengunjung. Bahkan salah satu pengunjung memborong sate sampai 63 tusuk!

Ibu-ibu di stan makanan sibuk melayani pembeli

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini stan makanan Indonesia terasa lebih semarak dengan hadirnya salah satu produsen minuman dan makanan ringan terbesar di Indonesia, yaitu MAYORA yang ikut menjadi spronsor. Beberapa jenis produk kopi, biskuit dan permen dari MAYORA yang dijual selama bazar seluruhnya habis terjual. Para pengunjung begitu antusias mencoba secangkir Cappucino seduh yang kita berikan secara cuma-cuma kepada pengunjung yang berbelanja di stan makanan Indonesia. Adapun hasil penjualan dari produk MAYORA disumbangkan seluruhnya ke IWC.

Ibu Duta Besar Elsiwi Oratmangun bersama Ibu-ibu berfoto bersama Bpk. Pepy dari MAYORA

Tidak mau kalah dengan stan makanan, stan kerajinan Indonesia memajang berbagai suvenir dan hasil kerajinan Nusantara yang menarik. Beragam produk batik dan tenun serta hiasan berberbentuk wayang, topeng, pengantin dan bentuk-bentuk menarik lainnya berhasil membuat Ibu-ibu di stan kerajinan kalang kabut melayani pengunjung yang begitu antusias membeli produk kerajinan khas Indonesia. Stan kerajinan Indonesia yang terletak tidak jauh dari meja undian atau raffle memberikan keuntungan tersendiri. Hingga menjelang berakhirnya bazar pengunjung masih terus berdatangan untuk membeli suvenir.


Beragam suvenir khas Nusantara yang menarik
Ibu-ibu di stan kerajinan berfoto bersama menjelang dimulainya bazar

Untuk mendukung misi kebudayaan Indonesia di Moskow, maka pada sesi Cultural Programme, Fungsi Pensosbud KBRI Moskow bekerja sama dengan pemerintah Makassar menampilkan beberapa tarian Etnik, yaitu Tari Paduppa, Karannuang dan Toraya Mala'bi. Keindahan gerak tubuh dan kostum yang memikat berpadu dengan harmoni musik tradisional penuh semangat membuat mata penonton terus terpaku ke atas  panggung. Seluruh penari pada pementasan ini didatangkan langsung dari Makassar. 

Tari Paduppa yang mempesona

Bapak Duta Besar Djauhari Oratmangun beserta Ibu berfoto bersama Tim Penari dari Makassar

Setelah pertunjukan seni tari, delegasi Indonesia kembali mengundang decak kagum penonton dengan peragaan busana karya salah satu designer ternama Indonesia, Toto Supangat. Keindahan sutra Bugis dengan paduan batik dan tenun yang menawan terlihat begitu elegan dikenakan oleh peragawan dan peragawati yang sebagian besar adalah mahasiswa dan mahasiswi Rusia yang sedang mengambil studi Bahasa Indonesia. 

Salah satu busana elegan karya Toto Supangat

Penampilan siswa-siswa Sekolah Indonesia Moskow

Di sesi berikutnya, siswa-siswa Sekolah Indonesia Moskow tampil begitu lincah membawakan Tarian Pesta Desa. Wajah mereka dilukis menyerupai 3 tokoh Punakawan yaitu Petruk, Gareng dan Bagong. Gerakan mereka yang lucu dan menggemaskan membuat para penonton tersenyum melihatnya.

Atas keberhasilan Indonesia ikut memeriahkan acara Winter Bazaar kali ini, KBRI Moskow banyak mendapatkan penghargaan baik dari IWC sebagai penyelenggara maupun dari pengunjung yang hadir. Bahkan Presiden IWC, Ms. Afrah Mohammed Alfaddaghi yang sekaligus istri dari Duta Besar Kuwait menyempatkan berkunjung ke stan makanan Indonesia dan berfoto bersama Ibu Duta Besar Elsiwi Oratmangun. 

Ibu Duta Besar Elsiwi Oratmangun beserta Ibu-ibu berfoto bersama Presiden IWC

 Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Moskow pun merasa senang karena kerja keras selama persiapan dan penyelenggaraan Winter Bazaar 2014 berhasil dengan sangat memuaskan.

Sampai bertemu di Winter Bazaar tahun depan. Da svidaniya!

Sumber foto : Tenny Yul Edison & Felix Kim








No comments: